Minggu, 01 April 2018

contoh reaksi menggunakan reagen grignard


saya akan memposting tentang contoh dari pereaksi reagen grignard. sebelum itu kita akan mengetahui pembuatan suatu reagen grignard yaitu : 
Pembuatan reagen grignad yaitu dengan mereaksikan alkil hallida pada percobaan ini menggunakan cloro butana dan logam magnesium (Mg) dengan katalis eter
Pada tahap pertama yaitu tahap dimana reagen grignard tersebut terionisasi, setelah itu ikatan C=O dari aldehid teradisi menjadi sepeti yang dibawah :

 

Asam encer ditambahkan untuk menghidrolisis ikatan MgCl dan menggunakan H2O dan terbentuk lah alkohol sekunder. 

 

Kegunaan dari pereaksi grignard ini salah satunya adalah dapat membuat alkohol-alkohol kompleks dengan sangat mudah. Jenis alkohol tergantung kepada senyawa carbonil yang digunakan. Bisa juga menggunakan keton selain pada yang dicontohkan. Jika menggunakan keton akan menghasilkan senyawa alkohol yang tersier .

Permasalahan
1. apa kegunaan dari asam encer pada reaksi tersebut, mengapa menggunakan H2O apa bisa yang lain ?
2. bagaimana cara memprediksi hasil alkohol apa yang kita dapat jika merekasikan suatu senyawa carbonil (aldehid/keton) dengan reagen grignard ?
3. bagaimana reaktivitas suatu reagen grignard jika menggunakan logam lain selaain Mg ?
 
 

4 komentar:

  1. Saya akan menjawab pertanyaan ketiga yaitu bagaimana reaktivitas suatu reagen grignard jika menggunakan logam lain selaain Mg ?
    jawabannya reaktivitasnya lebih rendah. Pada pembentukan organologam dengan reagen grignard ini seperti yang kita ketahui memang menggunakan Mg dalam rumus umumnya, kemudian diikuti dengan X(halogen). Namun tanpa pereaksi Grignard, reaksi dapat berlangsung dengan transfer elektron tunggal. Jalur serupa diasumsikan untuk reaksi lain pereaksi Grignard, contohnya, dalam pembentukan ikatan karbon–fosforus, karbon–timah, karbon–silikon, karbon–boron dan karbon–heteroatom lainnya.

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan kedua bagaimana cara memprediksi hasil alkohol apa yang kita dapat jika merekasikan suatu senyawa carbonil (aldehid/keton) dengan reagen grignard?
    Jawab: menurut saya jika digunakan aldehid akan menghasilkan alkoholprimer dan sekunder yang mana primer berasal dari formaldehid dan sekunder berasal dari asetaldehid dan tersier bila digunakan keton

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr wb, Saya Maya Rizkita (A1C116028) akan mnjawab pertanyaan pertama,
    Menurut literatur yang saya baca, Adapun asam sulfat yang digunakan bisa konsentrat (pekat) atau encer. Dalam keadaan encer, belum menunjukkan sifatnya sebagai oksidator, jadi masih bersifat seperti asam-asam biasanya, seperti asam halida. Walaupun encer, larutan asam sulfat dapat membuat kulit kita gatal. Pernah membeli air aki? Air aki merupakan larutan asam sulfat yang encer, lho, sekitar 30% kadarnya. Jadi, berhati-hati menggunakannya. Semoga bermanfaat.
    Asam encer ditambahkan untuk menghidrolisis ikatan MgCl dan menggunakan H2O dan terbentuk lah alkohol sekunder.

    BalasHapus
  4. BetMGM | Sports Betting | Borgata Hotel Casino & Spa
    BetMGM, an online sports betting operator, is a leading provider in the regulated US sports betting market. Learn more about BetMGM and find the 바카라 사이트 에스뱅크 latest promotions!

    BalasHapus